Langsung ke konten utama

coding di mata anak smp labschool jakarta

Coding merupakan kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan kompiler.
Tujuan dari kegiatan coding ini adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

Fungsi dan Manfaat Coding

Melalui penjelasan singkat pengertian coding diatas, maka kita sudah dapat menyimpulkan bahwa coding memiliki peran yang sangat penting di era digital ini. Berbagai aplikasi, website ataupun perangkat teknologi lainya dapat beroperasi karena ditanamkan rangkaian kode didalamnya. Berikut ini merupakan fungsi coding yang perlu Anda ketahui.

-Coding berfungsi untuk menciptakan sesuatu yang berguna di dunia. Ketika Anda ingin membangun suatu aplikasi, maka coding adalah kegiatan yang harus dijalani. Anda dapat dengan mudah membangun aplikasi tanpa harus meminta bantuan dari orang lain karena Anda dapat mempelajari coding secara otodidak.
-Coding menjadi pekerjaan masa depan yang mencari Anda. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengandalkan kemampuan coding untuk merekrut para pelamarnya. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda dapat menjadikan coding sebagai pekerjaan sampingan dengan upah yang tinggi. Anda dapat menerima tawaran pembuatan website, aplikasi atau bisnis e-commerce.
Bagi Anda yang ingin mendalami kegiatan coding akan dapat merasakan manfaatnya sebagai berikut.

1. Melatih Ketelitian

Dalam melakukan aktivitas coding, biasanya Anda akan menemukan berbagai kesalahan didalamnya. Salah satunya adalah program akan mengalami error saat hendak dijalankan atau di build. Disini Anda memerlukan ketelitian untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
Mulai dari menemukan bagian kode yang menjadi permasalahan, misalnya Anda lupa meletakkan simbol semicolone (;) yang biasa digunakan untuk memisahkan baris perintah pertama dan berikutnya. Dengan begitu, Anda harus mengecek ulang setiap baris kode yang sudah dibuat atau mengecek koneksi internet bila tools yang digunakan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

2. Mengembangkan Daya Berpikir Secara Logis

Memilih bahasa pemrograman menjadi hal yang sangat diperlukan ketika Anda akan memulai aktivitas coding. Dengan memilih satu jenis bahasa berarti Anda juga harus memahami struktur algoritma pemrograman yang berlaku didalamnya.
Nantinya, algoritma inilah yang Anda terapkan ketika hendak membangun sebuah aplikasi. Algoritma yang tidak sesuai akan berakibat fatal pada hasilnya, dimana aplikasi mengalami error atau tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Tanpa disadari, secara tidak langsung penerapan algoritma pemrograman akan terbawa kedalam kehidupan sehari-hari. Anda akan lebih berpikir secara logis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

3. Mengembangkan Potensi Diri

Semakin sering Anda menyelesaikan suatu kasus dalam pemrograman, berarti Anda sudah dapat dikategorikan sebagai problem solver yang terus berlatih untuk menemukan solusi terbaik dari setiap permasalahan.
Apalagi, ketika Anda mengerjakan suatu proyek aplikasi dengan berbagai requirement yang diinginkan oleh client, sedangkan Anda belum mengetahui algoritma yang harus digunakan. Dari hal tersebut, Anda dituntut untuk selalu mempelajari teknik pengerjaannya terlebih dahulu untuk mengembangkan setiap potensi yang ada pada diri sendi


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Liburan Sekolah

PENGALAMAN LIBURAN SEKOLAH Nama:Muhammad Rhesa Firdaus Kelas:8C Absen:25 Liburan sekolah ini lumayan seru.Beberapa hari di tahun ini keluargaku pergi ke tempat wisata, tapi beberapa hari sisanya hanya dirumah. Kami mengambil raport pada hari Jumat   dan hari itu juga aku mulai liburan. Pada hari Sabtuaku seharian hanya main game dan nonton TV dirumah tapi keesokanya kami pergi ke Jungleland Sentul. Kami awalnya ingin ke The Jungle tapi tidak jadi. Kami berangkat sekitar jam 7 pagi dan sampai disana jam 8.30. Tapi kami tidak langsung masuk dan bermain, kami mendaftar Annual Pass dan butuh waktu 1 jam untuk membuatnya.   Kami baru bermain ketika sudah jam 10 dan kami mulai dengan family ride (Tidak terlalu extrim). Awalnya aku senang karena bermain wahana yang aku sukai tapi sampai akhirnya aku masuk ke Haunted House. Didalam sana 2/3 waktu wahana aku hanya menutup mata karena bagiku lumayan mengerikan dan aku naik bersama ibuku dan juga 2 orang lainnya. Ketika aku ingin

Pengalaman MPLS di SMP LABCHOOL JAKARTA 2019

Pengalaman saat MPLS 2018-2019 Ditulis oleh :M.Rhesa Firdaus Saat hari Senin tanggal 16 Juli 2018 .Saya mengikuti kegiatan MPLS di LABSCHOOL JAKARTA sebagai anak baru kelas 7.Kegiatan ini di mulai dari pukul 07.00-15.30 . Dan di pagi hari itu kami melakun apel gabungan dari smp sampai sma.Saya mendapatkan kelas 7 di 7F yang berwali kelas pak Amir Faisal Lubis dan saya mempunyai teman yg seru walaupun hari pertama .Kami juga dikenali oleh guru guru wali kelas    dan juga guru bidang studi .Di hari pertama saat di kelas kami mempelajari tentang tata terib di SMP LABSCHOOL JAKARTA dan tata cara berdoa.Dan juga Ten labschool karakter yang di pimpin kakak osis .Setelah itu kami di kumpulkan di teater kecil atau yg di kenal dengan TC . Materi pertama yg kami dapat adalah materi dari pak Yudi Rochman yang berjudul sosialisasi sekolah ramah dan materinya juga bagus .Setelah itu kami shalat dzuhur berjamaah dengan juga terdapat kultum dari kelas 7A dan 7B dan makan siang bersama dan sali