Langsung ke konten utama

SEJARAH ANGKLUNG

Sejarah Angklung
Tidak ada catatan pasti tentang kapan tepatnya angklung diciptakan. Namun sejarah mencatat bahwa pada abad ke-12, alat musik ini sudah mulai dipergunakan, yaitu pada masa Kerajaan Sunda berdiri.
Alat musik ini dipercaya sebagai pemanggil Dewi Sri untuk memberikan kesuburan bagi tanah pertanian. Biasanya, angklung dibuat dari bambu hitam dan bambu ater dengan berbagai jenis ukuran yang menghasilkan musik berbeda-beda.
http://wijayalabs.com/wp-content/uploads/2018/08/angklung-2-300x200.jpg
Setelah itu, angklung berkembang menjadi beberapa jenis. Salah satunya  adalah nada musik angklung karya Daeng Sutigna, penduduk Citangtu, Kuningan yang merupakan orang pertama yang menciptakan nada musik angklung diatonis. Karena Daeng Sutigna pula, angklung bisa memainkan aneka jenis musik, baik tradisional maupun modern.
Karena Daeng Sutigna pula, Kabupaten Kuningan kini menyebut diri sebagai Kabupaten Angklung dan sudah ditetapkan sejak tahun 2010 silam.
Jenis Angklung
Tidak hanya satu, tetapi ada beberapa macam jenis angklung. Mulai dari Angklung Kanekes yang dimainkan oleh masyarakat Baduy, Angklung Reyog yang dimainkan di Ponorogo, Angklung Banyuwangi, Angklung Bali, Angklung Dogdog Lojor, Angklung Gubrak yang dimainkan masyarakat Bogor, Angklung Badeng yang dimainkan masyarakat Garut, Angklung Buncis yang dimainkan masyarakat Bandung, Angklung Padaeng yang jadi khas Kuningan, Angklung Toel, Angklung Sri Murni dan Angklung Sarinade yang memiliki nada bulat saja.
http://wijayalabs.com/wp-content/uploads/2018/08/angklung-3-300x225.jpg
Cara Memainkan Angklung
Berbeda angklung, beda pula suara khasnya. Demikian pula dengan teknik memainkannya, digerakkan dengan cara berbeda, nadanya pun akan berbeda.
Teknik yang paling banyak dipakai untuk memainkan angklung adalah Karulung, yaitu dengan menggetarkannya ke kiri dan ke kanan. Cara kedua adalah dengan Centok, alias menyentakkannya. Dan teknik Tangkep, yang caranya mirip Karulung namun ada satu tabung yang ditahan agar tak ikut bergetar.
Festival Angklung Kuningan
http://wijayalabs.com/wp-content/uploads/2018/08/angklung-4-300x199.jpg
Ada banyak festival angklung yang pernah digelar di Jawa Barat dan Banten, serta beberapa daerah lainnya. Namun yang tak lama lagi bakal digelar adalah Festival Angklung Kuningan, yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2018.
Sudah berulang kali Kuningan menggelar festival angklung dan selalu ramai dengan pengunjung. Tidak hanya dari kawasan Kuningan sendiri, tetapi juga dari daerah lain yang ingin melihat secara langsung perhelatan akbar alat musik tradisional ini.
Tertarik untuk menjadi saksi festival tahunan ini? Kamu bisa menuju Kuningan dengan menumpang kereta api. Cara yang paling mudah adalah dengan membeli tiket kereta api Indonesia menuju Cirebon. Dari sini, kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan bus mini atau elf ke Kuningan.
Biasanya, ketika musim festival angklung tiba, tiket kereta api Indonesia menuju Cirebon selalu ludes terjual. Karena itu, sebaiknya siapkan diri sejak jauh hari agar tak kehabisan. Dan pastikan untuk membeli di Traveloka yang sudah dikenal sebagai agen tiket kereta api Indonesia terpercaya.
Dibandingkan dengan jalur lainnya, kereta api ke Cirebon lalu lanjut ke Kuningan adalah pilihan transportasi yang paling cepat dan terjangkau. Dengan budget terbatas, kamu bisa menikmati serunya festival angklung di Kuningan dan sekalian jalan-jalan ke tempat lain yang tak kalah menariknya di kawasan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

coding di mata anak smp labschool jakarta

Coding  merupakan kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan  syntax  (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan kompiler. Tujuan dari kegiatan coding ini adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah.   Website   atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding. Fungsi dan Manfaat Coding Melalui penjelasan singkat pengertian coding diatas, maka kita sudah dapat menyimpulkan bahwa coding memiliki peran yang sangat penting di era digital ini. Berbagai aplikasi, website ataupun perangkat teknologi lainya dapat beroperasi karena ditanamkan rangkaian kode didalamnya. Berikut ini merupakan fungsi coding yang perlu Anda ketahui.

Pengalaman Liburan Sekolah

PENGALAMAN LIBURAN SEKOLAH Nama:Muhammad Rhesa Firdaus Kelas:8C Absen:25 Liburan sekolah ini lumayan seru.Beberapa hari di tahun ini keluargaku pergi ke tempat wisata, tapi beberapa hari sisanya hanya dirumah. Kami mengambil raport pada hari Jumat   dan hari itu juga aku mulai liburan. Pada hari Sabtuaku seharian hanya main game dan nonton TV dirumah tapi keesokanya kami pergi ke Jungleland Sentul. Kami awalnya ingin ke The Jungle tapi tidak jadi. Kami berangkat sekitar jam 7 pagi dan sampai disana jam 8.30. Tapi kami tidak langsung masuk dan bermain, kami mendaftar Annual Pass dan butuh waktu 1 jam untuk membuatnya.   Kami baru bermain ketika sudah jam 10 dan kami mulai dengan family ride (Tidak terlalu extrim). Awalnya aku senang karena bermain wahana yang aku sukai tapi sampai akhirnya aku masuk ke Haunted House. Didalam sana 2/3 waktu wahana aku hanya menutup mata karena bagiku lumayan mengerikan dan aku naik bersama ibuku dan juga 2 orang lainnya. Ketika aku ingin

Pengalaman MPLS di SMP LABCHOOL JAKARTA 2019

Pengalaman saat MPLS 2018-2019 Ditulis oleh :M.Rhesa Firdaus Saat hari Senin tanggal 16 Juli 2018 .Saya mengikuti kegiatan MPLS di LABSCHOOL JAKARTA sebagai anak baru kelas 7.Kegiatan ini di mulai dari pukul 07.00-15.30 . Dan di pagi hari itu kami melakun apel gabungan dari smp sampai sma.Saya mendapatkan kelas 7 di 7F yang berwali kelas pak Amir Faisal Lubis dan saya mempunyai teman yg seru walaupun hari pertama .Kami juga dikenali oleh guru guru wali kelas    dan juga guru bidang studi .Di hari pertama saat di kelas kami mempelajari tentang tata terib di SMP LABSCHOOL JAKARTA dan tata cara berdoa.Dan juga Ten labschool karakter yang di pimpin kakak osis .Setelah itu kami di kumpulkan di teater kecil atau yg di kenal dengan TC . Materi pertama yg kami dapat adalah materi dari pak Yudi Rochman yang berjudul sosialisasi sekolah ramah dan materinya juga bagus .Setelah itu kami shalat dzuhur berjamaah dengan juga terdapat kultum dari kelas 7A dan 7B dan makan siang bersama dan sali